Pegiat Literasi Cilik

Pegiat Literasi Cilik

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim memberikan hadiah sepeda dan bantuan buku kepada Khoirul Alfian Romadony (8) pegiat literasi cilik "BMX Pustaka" dari Desa Negeriagung Kecamatan Gunungpelindung berkat usahanya menumbuhkan minat baca di lingkunganya. 

"Sepeda BMX warna merah muda pemberian Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim itu diserahkan Camat Gunungpelindung Hendri Gunawan kepada Khoirul Alfian Romadony di rumahnya, Senin (18/9) sore," kata Warsito orang tua pegiat literasi cilik ini saat dihubungi di Lampung Timur, Selama malam.

"Iya, Dony dapat sepeda BMX, kata pak camat sepeda itu pemberian dari Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim untuk Dony, " katanya. 

Menurut Warsito menirukan perkataan Camat Gunungpelindung, Khoirul Alfian Romadony menjadi sosok teladan masyarakat karena mau berkeliling mengajak teman-temanya untuk membaca dan berkat keteladananya itu Bupati Chusnunia Chalim kemudian menghadiahi sebuah sepeda.

"Saya sampaikan terimakasih kepada bupati untuk dukunganya kepada pegiat literasi cilik, " ujarnya. 

Warsito dan istrinya pun menyatakan mendukung apa yang sedang dilakukan anaknya itu. 

Khoirul Alfian Romadony siswa kelas dua di SD N 3 Negeri Agung Gunungpelindung ini menyebarkan virus baca di lingkungan desanya. Dari melihat video Youtube Sugeng Hariyono, pegiat literasi Motor Pustaka dari Kabupaten Lampung Selatan bocah cilik ini pun akhirnya mengikuti jejak Sugeng Hariyono. 

Bermodalkan rak atau bekas tempat botol minuman ringan yang diisi beberapa buku komik dan buku pelajaran dan diikatkan di sepeda BMX miliknya setiap Jumat dan Sabtu sore Khoirul Alfian Romadony berkeliling mengajak teman-temanya membaca.

Usaha Khoirul menebar virus baca di daerahnya pun mendapatkan dukungan dari para pegiat litetasi di Lampung. 

Sejumlah bantuan buku dari para pegiat literasi untuk menambah koleksi bukunya pun berdatangan termasuk bantuan buku dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung Timur. 

Bertemu Presiden Joko Widodo seperti Sugeng Hariyono adalah mimpi Khoirul Alfian Romadony sehingga dia turut mengikuti menebar kebiasaan membaca. 

Sebelumnya, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim mengungkapkan dukunganya terhadap dunia literasi dengan diadakanya Festifal Membaca yang digelar beberapa waktu lalu di Kecamatan Purbolinggo. 

Pada kesempatan festival membaca itu, Chusnunia mengajak warganya gemar membaca karena membaca adalah jendela dunia dan jendela ilmu pengetahuan.



Comments